Pengertian Dan Fungsi Init.d Serta Cara Install Init.d Di Android

Senin, 08 Juni 2015

Pengertian Init.d Dan Fungsi Init.d Serta Cara Install Init.d Di Android - Halo semua para pengguna android, berjumpa kembali dengan artikel menarik dari blog mbahdroidong. Pada artikel ini admin akan menjelaskan sekaligus memberikan tutorial kepada kalian yang mungkin memiliki stock kernel yang tidak support dengan init.d. Sebelum itu, apa itu init.d? nah akan admin jelaskan kepada kalian semua mulai dari pengertian apa itu init.d, apa fungsi init.d pada android dan bagaimana cara meng-install init.d tersebut.

Init.d merupakan sebuah fungsi khusus yang memainkan peran penting dalam dunia pengembangan dan kustomisasi android yang memungkinkan pengguna untuk menginstal script lain dan melakukan modifikasi untuk dijalankan pada saat pertama start booting android. Fungsi ini dapat digunakan untuk merubah segala sesuatu untuk dilakukan kustomisasi mulai dari tweaks baterai, juga untuk tweak performa android. Pada dasarnya, init.d ini membuka pintu ke dunia mods yang hanya mungkin melalui proses Init.d.

Itulah sedikit pengertian dan fungsi dari init.d, nah sekarang bagaimana cara install init.d di android yang masih belum support dengan fungsi tersebut? biasanya yang belum support itu adalah penggunaan kernel pada bawaan android kalian. Tapi, sebelum melakukan install, alangkah baiknya kalian cek terlebih dahulu apakah sudah terdapat init.d di kernel android.

Cara Cek Init.d Terdapat Pada Kernel Android Atau Tidak:

  • Terlebih dahulu perangkat kalian sudah dalam keadaan root dan sudah install file explorer yang support root, disini admin menggunakan MK Explorer. Untuk yang belum ada, bisa unduh via playstore | drive | tusfiles | mirror. Install di android kalian lalu aktifkan "root access" dibagian "settings => ceklis root access".
  • Kemudian unduh script test_initd dan ekstrak di komputer kalian. Seketika akan ada file dengan nama "00test.
  • Pindahkan ke android kalian dan letakkan dalam folder "/ect/init.d". Jika disana belum ada foldernya, berarti kernel kalian benar-benar belum support init.d. Akan tetapi, jika kalian ingin mencoba apakah memang belum terdapat init.d, coba dengan membuat folder dengan nama "init.d". Letakkan juga file 00test didalam folder tersebut.
  • Ganti permission dari folder init.d dan file 00test menjadi "rwxrwxrwx".
  • Jika sudah, lakukan reboot dan lihat kembali di bagian "/data", apabila terdapat file dengan nama "test.log" brrti benar sudah support dengan init.d. Namun, misalkan belum ada saat brrti memang harus kita lakukan install init.d.
Cara Mudah Install Init.d Di Android:
  • Install busybox di android kalian, jika belum ada bisa unduh via playstore | drive | tusfiles | mirror. Jalankan busybox lalu tap "install" kemudian lakukan reboot.
  • Install universal init.d support, bisa unduh via drive | tusfiles | mirror. Jalankan aplikasinya lalu tap "activate". Tunggu sampai prosesnya selesai, misalkan telah selesai coba tap "verify". Akan muncul pemberitahuan "success! you have init.d support".
Pengertian Init.d Dan Fungsi Serta Cara Install Init.d Di Android

Pengertian Init.d Dan Fungsi Serta Cara Install Init.d Di Android

Pengertian Init.d Dan Fungsi Serta Cara Install Init.d Di Android
  • Untuk membuktikan memang benar sudah support, coba restart perangkat dan kembali masuk ke file explorer dan akses "/data". Kalian akan melihat file "test.log" yang sebelumnya belum ada. File test.log sudah ada berarti android kalian sudah support dengan init.d.
Pengertian Init.d Dan Fungsi Serta Cara Install Init.d Di Android

Pengertian Init.d Dan Fungsi Serta Cara Install Init.d Di Android

Pengertian Init.d Dan Fungsi Serta Cara Install Init.d Di Android
NB : Terima kasih admin ucapkan kepada forum xda-developer, sang credit, Androguide.fr dan sang donator bigknowz.
Bagaimana? mudah bukan caranya install init.d yang sebelumnya belum ada di android kalian. Admin rasa cukup sekian pembahasan yang ditulis ini mengenai Pengertian Init.d Dan Fungsi Serta Cara Install Init.d Di Android. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung, see you next time and bye.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar